share on:
Sugiri Syarief

IPKB Kaltim.com-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyatakan, program generasi berencana (GenRe) yang diagagas oleh pemerintah Indonesia mendapat pujian dari Dana Kependudukan PBB atau United Nations Population Fund (UNFPA).

“Ini suatu prestasi yang membanggakan,” kata Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK)  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sudibyo Alimoeso pada acara Global Youth Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis [06/12].

Sudibyo menjelaskan, Pemerintah Indonesia tengah mensosialisasikan program GenRe ke seluruh pelajar di Indonesia. Tujuannya untuk mengimbau anak muda menjauhin seks bebas, narkoba dan HIV/AIDS.

“Program ini turun langsung ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus secara bertahap untuk mengajak anak Indonesia menjauhi berbagai permasalahan remaja,” katanya. Dia menambahkan, BKKBN ingin menjadikan GenRe sebagai sebuah gaya hidup kalangan remaja.

Melalui program tersebut diharapkan remaja bisa menjauhi nakoba, seks bebas dan HIV/AIDS serta dapat merencanakan keluarga yang berkualitas. “Pendekatannya adalah untuk kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga bagi remaja, bukan pengendalian penduduk. GenRe pun dikemas lebih menarik dengan program GenRe Goes To School dan GenRe Goes To Campus,” katanya.

Program tersebut, kata dia, mendapat pujian dari oleh Direktur Eksekutif UNFPA Babatunde Osotimehin pada acara Global Youth Forum. “Program ini semoga bisa terus berjalan dengan baik dan menjadi contoh bagi negara lain,” katanya. (berita-ant)

share on: