You Are Here: Home » Berita » Daerah » Peran Penting Keluarga Dalam Mendidik Anak

Peran Penting Keluarga Dalam Mendidik Anak

 

Alvi Juni Rachmawati

Alvi Juni Rachmawati

IPKB Kaltim – Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga masyarakat dan pemerintah. Sehingga orang tua tidak boleh menganggap bahwa pendidikan anak hanyalah tanggung jawab sekolah.

Orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan , artinya disinilah dimulai suatu proses pendidikan.  Sehingga orang tua memiliki  peran sebagai pendidik bagi anak-anaknya dalam suatu keluarga. Keluarga adalah terdiri dari bapak, ibu dan anak-anaknya.

Jadi lingkungan keluarga   adalah lingkungan yang paling utama, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak adalah dalam keluarga.

Sehingga kondisi seperti ini yang mengharuskan orang tua untuk mempunyai kemampuan memahami perkembangan dan pertumbuhan dari anak-anak. Tidak kalah pentingnya adalah kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan anak-anak, maupun dengan anggota keluarga yang lainnya.

Saat ini masih banyaknya persoalan yang menyelimuti sebagian dari keluarga mulai dari masalah kurang harmonisnya hubungan suami isteri, ketidakmampuan keluarga dalam mendidik anak, kurang pedulinya keluarga terhadap lansia, lemahnya ekonomi keluarga hingga persoalan yang berkaitan dengan kenakalan remaja dan kesehatan reproduksi, menjadi keprihatinan bangsa indonesia.

Sekarang ini banyak keluarga yang rapuh yang kurang mempunyai daya tahan, sehingga mudah mengalami guncangan dan disfungsi, hal dapat kita lihat dalam kehidupan di masyarakat dengan berbagai kasus, di antaranya terjadinya kasus perceraian, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Kemudian terjadinya kenakalan anak, penelantaran lansia, dan kasus pernikahan dini,  semua itu menjadi pemandangan yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak bayi yang kelahirannya tidak diinginkan oleh orang tuanya sehingga bayi dibuang ataupun dibunuh.

Kejadian tersebut memberikan suatu gambaran bahwa masih banyak keluarga yang belum memiliki ketahanan keluarga dalam menghadapi setiap permasalahan di dalam rumah tangganya.

Hal ini dapat diakibatkan karena kurangnya pemahaman keluarga dalam mengelola rumah tangga atau dapat juga diakibatkan karena pola asuh orang tuanya dahulu yang kurang optimal.

Oleh: Alvi Juni Rachmawati

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top