share on:
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapayy (tengah) foto bersama pejabat Kab Kukar dan forum CSR Pertambangan foto bersama setelah melakukan pencanagan Kampung KB di Desa Buana Jaya , Dusun Pulomas, Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Seberang
Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty (tengah) bersama pejabat Pemkab Kukar dan forum CSR Pertambangan foto bersama setelah melakukan pencanagan Kampung KB di Desa Buana Jaya , Dusun Pulomas, Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara

IPKB Kaltim – Dalam rangka mendukung program  Nasional,  Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  bekerjasama  dengan Forum CSR, PT Jembayan Muara Bara membangun Kampung KB di Desa  Buana Jaya , Dusun Pulomas, Kecamatan Tenggarong Seberang .

“Pencanangan dan peresmian Kampung KB di Desa Buana Jaya  Kabupaten Kukar  ini hendaknya jangan hanya  slogan, tetapi  terus berlanjut dilaksanakan sehingga dapat langsung dirasakan masyarakat,” kata Plt Asisten III bidang Administrasi Umum Setkab Kukar Suriansyah di Kukar, Kamis (8/9)

Pada kesempatan itu Kepala BKKBN pusat Surya Chandra Surapaty mengatakan pembentukan Kampung  KB merupakan tindak lanjut dari arahan Bapak Presiden RI agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Terutama mereka yang berada di wilayah miskin, padat penduduk,  daerah tertinggal, terpencil dan wilayah  nelayan.

“Sesuai  arahan Bapak Presiden pelaksanaan proram KB lebih focus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan,” katanya.

Ia mengaharapkan dengan pencanangan Kampung KB , program dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa-desa, dusun-dusun, wilayah padat penduduk,wilayah miskin perkotaan  dan  kampung-kampung.

Surya Chandra menjelaskan guna mewujudkan 9 agenda prioritas pembangunan (Nawa Cita), maka BKKBN dengan  program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluaraga  (KKBPK) meliputi fungsi cita ke 3, ke 5 dan ke 8.

Dikatakannya cita ke 3 adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daera-daerah dan desa dalam kerangka negera kesatuan. Dalam hal ini di lakukan pembentukan Kampung KB di desa-desa dan  dusun-dusun terutama di daerah miskin, terpencil, serta padat penduduk.

Selanjutnya Program KKBPK  mendukung cita ke 5 adalah  meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia yaitu melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana. Pelayanan KB diberikan sepanjang siklus reproduksi.

Sedangkan  pembangunan keluarga melalui program Bina  Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) serta program Generasi Berencana (Genre).

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Forum CSR Pertambangan, khususnya kepada PT Jembayan Muara Bara dan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang berinisiatif mendukung mendukung program Nasional Kampung KB.

Hal senada juga disampaikan  Asisten III Pemprov Kaltim H.Bere Ali   yang menyambut baik dukungan dari  Forum CSR Pertambangan, PT Jembayan Muara Bara yang peduli dengan program Nasional pendirian Kampung KB di Desa Buana Jaya Kabupaten Kukar.

Sementara dari Forum CSR  Pertambangan menyatakan dukungan terhadap program Nasional Kampung KB di Desa Buana Jaya merupakan yang kedua. Sebelumnya dukungan juga diberikan Forum CSR  dari perusahaan pertambangan  PT Lana Harita membangun Kampung KB di Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana Kabupaten Kukar.

Adapun pola kemitraan  atau kerjasama antara  Perwakilan BKKBN Kaltim  dengan Forum CSR Pertambangan  di Kaltim tersebut  telah dilakukan  penandatanganan MOU di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu.

Program kerjasama dengam CSR Pertambangan  tersebut guna  peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga bertajuk “One Corporate One Village” yaitu  menyasar keluarga kategori prasejahtera yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Provinsi Kaltim melalui pola pembinaan yang dilakukan perusahaan pertambangan.(*)

 

 

share on: