share on:

 

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah mewakili gubernur Kaltim, melakukan pemukulan gong pada saat pencanangan HKG PKK-KKBPK-Kes di Desa Gas Alam I, Kecamatan Muara badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, disaksikan Ketua Tim PKK Provinsi , Wakil Ketua DPRD kaltim, Kepala Perwakilan BKKBN kaltim, Eli Kusnaeli (Antaranews Kaltim/Rhd)

 

IPKB Kaltim- Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor diwakili Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah  mengatakan pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan langkah strategis lintas stake holder dalam rangka pencapaian pembangunan, khususnya dibidang kesehatan dan Keluarga Berencana (KB).

Hal itu disampaikan Edi Damansyah saat meresmikan pencanangan  HKG PKK-KKBP-Kes di Kampung KB Desa Gas Alam ,Badak  I, Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara,Selasa (22/10).

“Saya berharap kegiatan ini tidak sekedar untuk kemeriahan sesaat akan tetapi lebih memberikan makna terhadap karya nyatayang sudah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu kegiatan pencanangan HKG PKK-KKBP-Kes memberikan motivasi dan semangat kepada para kader PKK, penyuluh lapangan Keluarga Berencana (PLKB) agar bekerja optimal aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yakni melayani kepentingan masyarakat.

Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kabupaten Kutai Kartanegera mengajak kepada semua pihak, aparat pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mensukseskan gerakan PKK-KKBPK dan kesehatan khususnya dalam mendukung masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“Khusus kepada tim penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi berkelanjutan kepada para kader,” kata Edi Damansyah.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli dalam sambutanya menyampaikan kegiatan HKG PKK-KKBPK-Kes dilakukan setiap tahun dan dilaksanakan secara nasional di berbagai daerah di Indonesia.

“Kegiatan ini bukan  serimonial semata tetapi ini adalah upaya akselarasi kegiatan dan setiap tahun menunjukkan akselarasi pencapaian kegiatan dan program yang sangat signifikan,” katanya.

Eli berharap mulai bulan Oktober hingga Desember  selama tiga buian akan terjadi akselari pencapaian program diseluruh tingkatan. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan  HKG PKK-KKBPK-Kesehatan adalah manfaatnya benar-benar dapat dirasakan  masyarakat dan delapan fungsi keluarga dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara ketua panitia kegiatan HKG PKK-KKBPK-Kes, di Desa Gas Alam , Kecamatan Muara Badak, Maslianawati  mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan  di antaranya memantapkan peran kelembagaan dan 10 program pokok PKK khususnya dibidang KB dan kesehatan.

Selain itu untuk meningkatkan peran serta masyarakat, hidup sehat, meningkatkan prilaku hidup Bersih dan sehat (PHBS) serta melakukan  revitalisasi  Bina Keluarga Balita  (BKB) dan penanganan stunting dan  gizi buruk.

Adapun  peserta yang hadir dalam pencanangan HKG PKK-KKBPK-Kes  katanya  dihadiri sekitar 500 orang terdiri dari Tim PKK Provinsi, Kabupaten, Kecamatan , desa  dan sejumlah, OPD, swasta , tokoh masyarakat, agama dan  tokoh adat.

“Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berupa pelayanan KB dan  pemeriksaan  IVA Test, yaitu salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim,” kata Maslianawati.

Selain itu juga diserahkan beberapa hadiah pemenang lomba tingkat desa dan kecamatan serta  penyerahan akta kelahiran dan Kartu Induk Anak (KIA).

share on: