share on:

Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Samarinda meluncurkan Program “DASHAT” (Dapur Sehat Atasi Stunting) di 59 kampung Keluarga Berkualitas di Ruang Karang Asam, Balaikota Samarinda, Kamis (21/4) pagi.

Program ini diluncurkan oleh Wakil Wali Kota Samarinda, Ir. H. Rusmadi, M.S., Ph.D., dengan disaksikan 90 orang peserta yang hadir secara luring dan sekitar 100 orang peserta daring. Hadir diantara para peserta antara lain Plt. Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Republik Indonesia, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, beberapa Kepala OPD di Kota Samarinda, Camat, Pokja Kampung KB, hingga beberapa orang jajaran DPPKB Kota Samarinda.

Dalam sambutannya, Rusmadi mengatakan Pemkot Samarinda akan terus semangat mengatasi persoalan stunting yang ada di Samarinda, apalagi sudah diluncurkannya Program Dapur sehat Atasi Stunting (DASHAT).

“Ke depan, melalui Program DASHAT, diharapakan anak-anak di Kota Samarinda dapat tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia,” kata Rusmadi.

Menurut Rusmadi, Program DASHAT ini, tidak hanya untuk sosialisasi ataupun penyuluhan semata namun harus dilakukan secara terpadu dan berkesinambungan.

“Karena potensi angka Stunting ini berada di kelompok dimasyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, maka upaya kemandirian ekonomi bagi keluarga perlu untuk mendapatkan perhatian yang sangat serius dari pemerintah Kota. Semangat gotong-royong dan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan partisipasi masyarakat juga sangat diperlukan dalam memberikan perhatian kepada keluarga tidak mampu tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala DPPKB Kota Samarinda, Gusti Ayu Sulistiani, SH., M.Hum., mengatakan Program DASHAT bertujuan untuk memberikan edukasi serta penyuluhan kepada orang tua dalam hal pemberian gizi yang cukup dalam masa pertumbuhan anak atau bayi.

“Program DASHAT yang dilaksanakan di Kampung KB di seluruh kelurahan se-Kota Samarinda ini juga akan ditunjang dengan beberapa program pendukung lainnya baik itu dari Pemkot Samarinda, swasata, maupun partisipasi masyarakat secara mandiri,” katanya.

Peluncuran DASHAT ditandai dengan penyerahan Piagam DASHAT oleh Wakil Wali Kota Samarinda kepada beberapa perwakilan Pokja Kampung KB se-Kota Samarinda. (Rapsmoau)

share on: