share on:
Sejumlah peserta sedang menyimak Sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli pada kegiatan Pemanfaatan parameter dan proyeksi) yang di laksanakan BKKBN Kaltim

IPKB Kaltim – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Pemanfaatan Data Profil (Parameter dan Proyeksi) Program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Pertemuan  dengan  sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten/kota  dalam rangka  pemanfaatan data profil  (parameter dan proyeksi) sebagai input kebijakan  dan strategi  dalam perencanaan pembangunan di daerah,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim, Eli Kusnaeli di Samarinda, Rabu.

Menurutnya berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, jumlah penduduk Kaltim pada 2012 sebanyak 3.250,125 jiwa. Kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi 3.573,675 jiwa. Jadi  rata-rata setiap tahun terjadi penambahan  penduduk sekitar 53,945 jiwa.

“Jadi  selama enam tahun terakhir  laju pertumbuhan penduduk  (LPP) Kaltim  2,24 persen pertahunnya,”katanya.

Lanjut Eli upaya penurunanan LPP telah berhasil dilakukan, namun jumlah penduduk terus bertambah setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah penduduk tersebut perlu mendapat perhatian para pemangku kebijakan, sebab jumlah penduduk yang tinggi meningkat pula pemenuhan kebutuhan hidup, seperti sandang, pangan,papan dan energy.

Ia berharap melalui kegiatan pemanfatan data kependudukan (parameter dan proyeksi) sebagai input perumusan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Plt Direktur Perencanaan Kependudukan BKKBN –RI, Jimmy Rachman berharap data profil (parameter dan proyeksi) hendaknya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam merencanakan dan penyusunan RPJMD,.

“Kita menginginkan penduduk tumbuh seimbang, pembangunan merata  tidak  hanya infrastruktur , tetapi juga membangun manusia atau penduduk dengan meningkatkan SDM,”katanya.

Jimmy Rachman menambahkan terkait data kependudukan atau parameter-proyeksi program KKBPK , telah disiapkan untuk membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan atau keputusan.

 

share on: