share on:
Sekretaris Utama BKKBN-RI, Nofrijal (pegang mic) ketika berdialog dengan pengurus Kampung KB Mekar Sejahtera di dampingi Kepala DPPKB Samarinda,Marnabas dan Camat Samarinda Ulu,Fahmi

IPKB Kaltim – Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI, Nofrijal melakukan kunjungan ke Kampung KB” Mekar Sejahtera” Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda untuk melihat langsung dan berdialog dengan sejumlah pengurus , kader , tokoh masyarakat, aparat Kecamatan dan Kelurahan.

Nofrijal mengapresiasi pembentukan Kampug KB di Kota Samarinda yang jumlahnya cukup banyak dan terus dilakukan karena sangat membantu masyarakat setempat. Selama ini hampir sekitar 20 tahun program KB gebyarnya atau gaungnya sangat kurang.

“Bapak Presiden Jokowi meminta untuk digalakan kembali program KB melalui Kampung KB sesuai dengan Nawacita membangun dari daerah pinggiran, perbatasan, terpencil , nelayan dan di desa-desa,”katanya.

Lanjut Nofrijal oleh karena itu Kampung KB menjadi program unggulan dan prioritas dari BKKBN. namun hal itu tidak bisa berjalan sendirian tetapi harus bermitra dengan kementerian yang lain.

Menurutnya Kampung KB Mekar Sejahtera cukup bagus bersinergi dengan lintas sektor lainnya bersama-sama meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan di Kampung KB di antaranya terkait kependudukan, KB, ketahananan keluarga,sosial,ekonomi,kesehatan,pendidikan serta mengaplikasikan delapan fungsi keluarga.

Ia juga mengemukakan di Kampung KB Mekar Sejahtera ada pencatatan golongan darah, jadi sewaktu-waktu warga membutuhkan darah sudah ada data warga yang siap sebagai pendonor.

“Ini sebagai contoh membangun spirit kebersamaan di Kampung KB, disamping infrastruktur, layanan teknis dan pengasuhan orang tua,”katanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) Kota Samarinda, Marnabas merasa bangga dan diperhatikan oleh pejabat BKKBN-RI yang meluangkan waktunya di sela-sela kegiatan di Kota Samarinda.

“Kami bangga dengan pimpinan BKKBN pusat apalagi para kader bertatatap muka dan berdialog langsung, hal ini akan menambah semangat kami di daerah terhadap program Kependudukan KB dan Pembangunan keluarga (KKBPK),”ucapnya.

Marnabas mengungkapkan dalam waktu dekat kampung KB di Samarinda akan berbasis IT memberikan layanan akte kelahiran. Jika layanan akte kelahiran suskses maka akan ditambah layanan Kartu keluarag (KK) dan KTP.

“InsyaAllah April 2018 layanan ini berjalan, sebagai percontohan Kampung KB yang ada di Bukuan Kecamatan Palaran, karena sudah siap sarana dan prasarana serta SDM,”katanya.

Marnabas menambahkan DPPKB Samarinda sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Catatan Sipil (Disdukcapil), pihak kecamatan dan kelurahan. Mereka semua mendukung tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukan.(*)

share on: