You Are Here: Home » Berita » Internasional » Menggugat karena Implan Payudara Bocor ke Kepala

Menggugat karena Implan Payudara Bocor ke Kepala

TEMPO.CO, Buenos Aires – Sebnyak 300 wanita Argentina mengajukan gugatan bersama setelah operasi penanaman implan payudara mengalami kegagalan. Mereka mengajukan tuntutan dengan nilai ganti rugi US$ 54,7 juta.

“Dalam satu sampel yang kita lakukan atas 500 wanita, 19 persen mengalami kerusakan, dimana gel implan bocor dan mengalir ke ketiak, leher, dan paru-paru, bahkan kepala,” kata pengacara penggugat, Virginia Lina.

Gugatan mereka ajukan pada tiga pihak, yaitu perusahaan pembuat implan (PIP) Prancis, TUV Rheinland Jerman, dan perusahaan asuransi asal Jerman,  Allianz.

Dia menyatakan, total kerugian yang mereka derita bisa jauh lebih tinggi. Pasalnya, kata dia, sebanyak 1.500 wanita di negara itu diketahui menggunakan implan payudara buatan perusahaan itu.

Berita tentang implan yang rusak pada 2011 memicu kekhawatiran di seluruh dunia. Namun para pejabat kesehatan di berbagai negara menjamin zat itu tidak beracun dan tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

Dokter di Perancis telah mencopot implan payudara dari lebih dari 16 ribu wanita dan menemukan seperempat dari produk PIP menglami kebocoran. Sebanyak 16.426 wanita telah mencopot implan itu karena berisiko pecah. Selain itu diketahui bahwa PIP Prancis menggunakan silikon industri untuk mengisinya.

Pendiri PIP Jean-Claude Mas (73), telah didakwa dengan pembunuhan dan penipuan. Implan PIP kini dilarang dan perusahaan yang terletak di selatan Perancis telah dilikuidasi.

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top