You Are Here: Home » Berita » Kutai Timur Galakkan KB Pria

Kutai Timur Galakkan KB Pria

Kabid KBKR BKKBN Kaltim Sudibyo berdiri (kedua dari kanan) bersama peserta KB pria dari Sangatta pada pelayanan KB gratis pada pencanangan  Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kes di  kecamatan Sangatta Utara

Kabid KBKR BKKBN Kaltim Sudibyo berdiri (ketiga dari kanan) bersama peserta KB pria dari Sangatta pada pelayanan KB gratis pada pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kes di kecamatan Sangatta Utara

IPKB Kaltim –  Pemerintah Kabupaten Kutai Timur  melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB  setempat  pada 2018 meggalakkan  KB pria  atau Metode  Operasi Pria (Vasektomi) yang dinilai belum memasyarakat.

“Selama ini masih ada anggapan  urusan  ber KB hanyalah urusan kaum perempuan , padahal ber KB juga bisa dilakukan kaum pria  melalui vasektomi, “ kata Kepala Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Kutai Timur, Aisyah  ketika ditemui  pada  Pencanangan Kesatauan Gerak PKK- KKBP Kes di Sangatta,Kamis.

Ia mengatakan kepesertaan  KB pria  di Kutai Timur  masih rendah, namun  jika dibanding daerah lainnya  di Kalimantan Timur  termasuk  cukup tinggi . Meskipun demikian  akan terus melakukan sosialisasi KB pria hingga ke desa-desa.

Dia yakin kepesertaan KB pria akan meningkat jika dilakukan sosialisasi, informasi yang benar dan pemahaman , karena selama ini dinilai  kaum pria kurang mengetahui adanya KB pria , apalagi mereka yang berada  jauh di desa,daerah  pinggiran, pedalaman dan  perbatasan.

“Oleh karena itu kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang KB pria  juga program KB  Metode  Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti MOP,implant dan IUD,”katanya.

Aisyah mengungkapkan  Kutai Timur pernah mendapatkan penghargaan  juara I nasional  motivator  KB pria atas nama bapak Sidik.pada peringatan Hari Keluarga Nasional  di Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa tahun lalu.

Sementara pada kegiatan  Pencanangan Kesatauan Gerak PKK- KKBPK Kes  tingkat Provinsi Kaltim yang dipusatkan di Sangatta Kabupaten KutaiTimur dilakukan juga pelayanan KB gratis.

“Pelayanan KB gratis  dilaksanakan di Puskesmas Sangatta Utara berhasil menjaring  35 akseptor baru,” kata Kabid  Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN  Kaltim, Sudibyo.

Jumlah 35akseptor baru tersebut  yang menggunakan kontrasepssi  IUD sebanyak 7 akseptor, implant 13 akseptor,suntik 8 akseptor, pil 2 akseptor dan MOP 5 akseptor.

Menurutnya daerah di Kaltim yang banyak KB pria adalah dua daerah yaitu di Kota Bontang dan di Kabupaten Kutai Timur, bahkan telah terbentuk kelompok-kelompok KB pria di kedua daerah tersebut.

“Kami memberi apresiasi kepada Dinas Kependudukan dan KB Kutai Timur dan Kota Bontang yang terus menggalakkan KB pria ,sehingga jumlah kepesertaanya terus meningkat,”ujar Sudbyo.

Pada kesempatan itu juga Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli mengatakan pencanagan kesatuan Gerak PKK-KKBPK Kesehatan di Provinsi Kaltim tahun ini dipusatkan di Sangatta Ibukota Kabupaten Kutai Timur yang dibuka oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

“Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan berlangsung selama tiga bulan yaitu  Oktober, Nopember dan Desember  dan menargetkan 50.000 peserta KB baru yang bisa dilayani,” kayanya.

Dikemukakannya bahwa di Kabupaten Kutai Timur telah terbentuk  Kampung KB  di 18 kecamatan yang  ada , hal ini menjadi model bagi daerah lainnya. Tahun 2018  kampung KB terus digalakkan di desa-desa terutama atau diprioritas pada desa-desa tertinggal minimal 50 persen desa tertinggal sudah ada kampung KB.

Eli menambahkan sejak dicanangkan Kampung KB 2016 lalu oleh Bapak Presiden Jokwi bahwa disetiap kabupaten/kota ada satu Kampung KB, kemudian pada 2017  di setiap kecamatan ada satu Kampung KB dan 2018 setiap desa satu Kampung KB. Ini adalah strategi program BKKBN dalam rangka mewujudkan keluarga kecil sejahtera. (*)

 

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top