share on:
Peserta Pasektomi Kota Bontang

IPKB Kaltim.com,Bontang-Pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana yang dilaksanakan BKKBN kembali  mendapat simpati dari masyarakat setelah beberapa tahun terdengar gemannya atau mati suri.

Pelaksanaan program KKB di Bontang berangsur-angsur mendapat perhatian dari masyarakat, tidak terbatas  pada akseptor wanita, tetapi juga akseptor pria , dengan menggunakan alat kontrasepsi kondom, dan mengarah  kepada  Medis Operasi Pria ( MOP) atau lebih dikenal dengan vasektomi.

“Kota Bontang merupakan daerah yang cukup berhasil dalam meningkatkan kepersertan aseptor KB baru,” kata Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Badan PP dan KB Bontang, Miftahul Zainul.

Menurutnya Kota Bontang ditargetkan oleh Perwakilan BKKBN Kaltim pada kontrak kinerja  sebanyak 3.847 akseptor baru, namun berdasarkan data jumlah kepesertaan KB baru hingga Nopember 2012 sudah mencapai 3.361 akseptor atau sekitar 87,37 persen.

Hal tu cukup menggembirakan dalam keikutsertaan masyarakat ber KB ada peningkatan terhadap akseptor  dan penggunaan alat kontrasepsi (Alkon) melalui  Medis Operasi Wanita (MOW) sebayak 107 akseptor, dimana pencapainnya 382,14 persen. Sedangkan  Medis Operasi Pria (MOP) sebanyak 34 akseptor  atau sekitar 79,07 persen.

Miftahul Zainul menjelaskan pelayanan kontrasepsi di Bontang tidak ada masalah, dapat  terpenuhi  baik alat kontrasepsi maupun  tenaga pelayanannya.  Alat kontrasepsi disamping mendapatkan bantuan subsidi  dari Pemerintah Pusat (BKKBN), juga  mendapatkan bantuan anggaran  dari APBD kota Bontang untuk alat kontrasepsi yang tidak disediakan BKKBN .

“Masyarakat inginnya bantuan alat kontrasepsi dilakukan secara terus menerus , sehingga dianggarkan melalui dana APBD Bontang,”katanya.

Miftahul  Zainul menambahkan untuk pelayanan KB, pemerintah Kota Bontang menyiapkan 8 Puskesmas, 2 Puskesmas Pembantu dan ditunjang 5 rumah sakit milik pemerintah dan Swasta. Diisamping  itu pelayanan gratis melalui Posyandu dan dokter praktek swasta. (Moh Marisi)

share on: