You Are Here: Home » Berita » Kampung KB Perlu Dukungan Semua Pihak

Kampung KB Perlu Dukungan Semua Pihak

Kepala BKKBN Jawa Barat Sugilar (Tengah) didampingi Kepala BKKBN Kaltim, Sukaryo Teguh Santoso dan Anggota DPRD Kaltim, Siti Qomariah pada Pertemuan dengan SKPD KB  Provinsi Kaltim dan Kaltara

Kepala BKKBN Jawa Barat Sugilar (Tengah) didampingi Kepala BKKBN Kaltim, Sukaryo Teguh Santoso dan Anggota DPRD Kaltim, Siti Qomariah pada Pertemuan dengan SKPD KB Provinsi Kaltim dan Kaltara

IPKB Kaltim- Kampung KB termasuk salah satu terobosan yang didesain khusus untuk menggerakkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)  ditingkat dusun  atau  kampung yang perlu mendapat dukungan semua pihak.

“Pembentukan Kampung KB perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak, dalam membentuk dan mengelola Kampung KB pada prinsipnya dari, oleh, dan untuk warga Kampung KB itu sendiri,” kata Rukman Heryana salah satu pencetus Kampung KB di Jawa Barat  saat menjadi nara sumber  pada pertemuan  SKPD  KB   Kaltim – Kaltara  dengan BKKBN Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Ia mengingatkan setelah dicanangkan oleh Bapak Presiden sejumlah daerah ramai melakukan pencanangan, namun  harus diingat jangan terbius dengan pencanangan Kampung KB sebelum mengetahui betul, perangkatnya harus dilatih terlebih dahulu.

Menurutnya sebelum dicanangkan dan dibentuk perlu dilakukan sarasehan kepada RW dan RT, perangkat desa setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menyamakan persepsi. Diakuinya pembentukan kampung KB seperti yang ada di Kota Banjar Jawa Barat memang membutuhkan waktu lama.

“Tentunya pembentukan Kampung KB ditiap daerah berbeda-beda, karena karakter masyarakatnya  juga berbeda , misalnya daerah pedesaan, perkotaan , pantai dan pegunungan cara pendekatannya juga berbeda. Selain itu perlunya dukungan  dan komitmen yang tinggi dari pemangku kebijakan serta partisipasi dari masyarakat,” katanya.

Dikatakannya membangun komitmen untuk menjadikan Kampung KB sebagai program yang menjadi urusan bersama antarinstansi, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dalamnya dapat konsisten dan berkesinambungan

Jadi  kata Rukman Heryana  Kampung  KB  memadukan konsep pembangunan terpadu bidang keluarga berencana dan keluarga sejahtera (KB-KS). Salah satu upaya menjadikan program KB-KS sebagai program yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

“ Kampung KB  berupaya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan  program KB sebagai upaya mewujudkan keluarga sejahtera yang berkualitas,” katanya.

Sementara pada pertemuan tersebut  ada beberapa SKPD KB Kaltim dan Kaltara mempertanyakan  tentang pembentukan dan pengelolaan Kampung KB, di antaranya dari Kota Balikpapan  yang mempertanyakan  bagaimana  meramu kepengurusan yang sudah ada ditingkat RT, karena peran  dan program-program  PKK sangat dominan.

Selanjutnya Muhammad Yani dari SKPD KB Kabupaten Bulungan Provinsi Kaltara mempertanyakan bagaimana membangun komitmen pimpinan daerah  dan pemangku kebijakan, karena hal itu yang menjadi kendala di daerah Bulungan.

“Jumlah penduduk di Provinsi Kaltara masih sedikit sehingga kurangnya komitmen dari para pimpinan daerah dan pemangku kebijakan, oleh karena itu  program KB tidak menjadi program prioritas,” katanya.(*)

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top