share on:
Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli (tengah) di dampingi Anggota DPRD Kaltim, Siti Komariag serta Camat Samarinda Seberang Ansyarullah   saat memberikan dukungan terhadap Kampung KB Keledang di Kecamatan Samarinda Seberang.

IPKB Kaltim- Kampung KB Keledang merupakan pembentukan yang ke empat di wilayah Kota Samarinda ,Kecamatan Samarinda Seberang dalam melaksanakan kegiatannya akan berintegrasi dengan lintas sektor dan mitra kerja.

“Kampung KB Keledang rencananya akan di resmikan oleh Wali Kota Samarinda, Syaharie Ja’ang, namun sebelum diresmikan terlebih dahulu warga maupun pengelola Kampung KB akan diberikan pemahaman bagaimana program Kampung KB di integrasikan dengan lintas sektor dan mitra kerja,”kata Camat Samarinda Seberang Ansyarullah di Samarinda, Rabu (28/11).

Ia mengatakan Kampung KB terintegrasi yang dimaksud adalah sejumlah program dan kegiatan dari instansi yang akan saling bersinergi misalnya program Keluarga Berencana (KB), kesehatan, pendidikan, pertanian, perkebunan dan kependudukan serta program-program lainnya dapat dipadukan.

Ansyarullah berharap dengan dibentuknya Kampung KB akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Samarinda Seberang , karena Kampung KB meliputi berbagai program yang dapat dilaksanakan dengan cara bersinergi.

Dia mencontohnya mengenai pemberdayaan ekonomi keluarga ada beberapa lintas sektor yang terlibat untuk melakukan pembinaan seperti Disperindag, koperasi, perbankan, TP- PKK ,UMK, Dinas kependudukan, pendidikan, kesehatan, BKKBN , serta lembaga-lembaga lainnya yang memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Saya berharap pembentukan Kampung KB di wilayah Kecamatan Samarinda Seberang akan terus bertambah, dari enam kelurahan yang ada empat kelurahan yang sudah membentuk.”kata Ansyarullah.

Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli menambahkan integrasi Kampung KB intinya setiap instansi pemerintah maupun swasta dan LSM melakukan kegiatan pembinaan yang bersinergi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Adapun peran BKKBN Kaltim mengkoordinasikan dan mendorong sejumlah kecamatan dan desa untuk membentuk Kampung KB . Di Provinsi Kaltim telah terbentuk 222 Kampung KB dan 30 di antaranya di Kota Samarinda.

Menurutnya kegiatan Kampung KB terintegrasi, dimana setuiap keluarga akan mendapatkan layanan informasi maupun layanan kegiatan-kegiatan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu anggota Komisi IV bidang kesejahteraan DPRD Kaltim, Siti Komariah mengungkapkan bahwa tujuan bernegara adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Untuk itulah sebagai wakil rakyat harus menyuarakan dan mendukung program pemerintah.

“Salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat dengan mendukung program KB , menekan angka kelahiran dan pengendalian penduduk,”katanya.

Menurutnya jika jumlah penduduk yang banyak dengan anggaran terbatas maka tidak mungkin dapat mensejahterakan masyarakat. Oleh karena itu melalui program KB untuk dapat mengendalikan penduduk yang tumbuh seimbang.

“Sesuai dengan tugas dan fungsi DPRD Kaltim dalam upaya mensejahterakan masyarakat dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana disektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan serta peningkatan SDM,”kata Siti Qomariah.(*)

share on: