share on:

IPKB Kaltim- Tim dari Provinsi Kalimantan Timur pada kegiatan pameran dan gelar dagang  nasional yang merupakan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI  di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan ikut berpartisipasi dengan menampilkan produk-produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ( UPPKS).

“Propvinsi Kaltim menampikan hasil produk-produk unggulan ciri khas Kaltim dari masing-masing Kabupaten/kota,” kata Kepala Perwakian BKKBN Kaltim,Eli Kusnaeli  di sela-sela kegiatan,Kamis (4/7)

Produk-produk uggulan UPPKS hasil pembinaan dari BKKBN Provinsi Kaltim banyak ragamnya berupa makanan ringan, minuman dan kerajinan yang menjadi cirri khas Kaltim.

Seperti  teh berbahan baku dari serei, sirup, madu, amplang, kerupuk, dan makanan ringan lainnya serta  tas, dompet, asisories  gelang,kalung   terbuat dari manik-manik dan kerajinan anyaman lainnya.

Jadi lanjut Eli pameran gelar dagang tingkat nasional dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi tiap-tiap daerah untuk memperkenalkan produk-produk unggulan yang tidak ada di daerah lain. Sehingga dapat bertukar pengalaman,cara pengemasan hasil produk  dan saling membuka peluang pasar .

“Nah inilah tujuan dari pembinaan kelompok-kelompok UPPKS  untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan memiliki waktu dan keterampilan berkarya,” katanya.

Dikemukakannya  dengan mengikuti program pemerintah yang menganjurkan  ber KB  guna mewujudkan keluarga kecil  sejahtera, salah satunya  dengan melakukan pembinaan terhadap keluarga-keluarga pra sejahtera.

Eli menjelaskan jika sebuah  keluarga memiliki banyak anak, maka delapan fungsi keluarga ada yang  terabaikan,  terutama bagi keluarga pra sejahtera dihabiskan waktunya mengurusi anak, apabila ber KB  maka ia memiliki  banyak waktu dan dapat  berkarya.

“Oleh karena itu pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk mengikuti program KB guna mewujudkan keluarga kecil   sejahtera,” ujar Eli.

Sementara  kegiatan pameran dan gelar dagang  dikawasan perkantoran sekretariat daerah Prov Kalsel, di kota Banjarbaru tersebut  dibuka Ketua TP PKK Pusat ,dr, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dihadiri sejumlah TP PKK  masing-masing peserta dari 34 Provinsi .

“Pameran gelar dagang adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan  dan mensosialisasikan program-program pemberdayaan ekonomi keluarga dengan menampilkan hasil produk-produk UKM khususnya kelompok UPPKS dari masing-masing Provinsi,” kata Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

share on: