You Are Here: Home » Berita » Kaltim Pamerkan Produk Unggulan di Harganas XXIV

Kaltim Pamerkan Produk Unggulan di Harganas XXIV

Produk unggulan Kaltim dipamerkan di Gelar Dagang Harganas ke XXIV di Bandar Lampung

Produk unggulan Kaltim dipamerkan di Gelar Dagang Harganas ke XXIV di Bandar Lampung

IPKB Kaltim – Provinsi Kalimantan Timur menampilkan produk unggulan dari kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahatera (UPPKS)  pada pameran dan gelar dagang peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIV di Bandar Lampung,Provinsi Lampung berlangsung 13-15 Juli 2017.

“Kaltim menampilkan produk-produk  unggulan, seperti makanan dan  kerajinan yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota, kata Kepala Perwakilan Kaltim, Eli Kusnaeli di arena gelar dagang  di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim,Lampung, Sabtu (15/7).

Ia mengatakan produk unggulan Kaltim tersebut di antaranya teh serai, kue keminting, abon ikan, minyak bulus, minyak ikan, kripik. Kemudian ada lagi asesoris dari manik-manik, batik Kaltim, sarung Samarinda, baju kaos Kaltim dan banyak lagi yang lainnya..

“Alhamdulillah stan Kaltim banyak di kunjungi para peserta Harganas dan  produk unggulan Kaltim tersebut laris terjual,” katanya.

Eli menjelaskan melalui kelompok UPPKS peserta KB bisa meningkatkan kesejahteraanya mampu meningkatkan pendapatan keluarga, karena mereka mengikuti anjuran pemerintah “dua anak cukup” sehingga mereka bisa memanfaatkan waktu untuk membuat produk makanan dan  kerajinan rumah tangga yang bisa di jual.

Menurutnya inilah salah satu fungsi keluarga yakni fungsi ekonomi.Sebuah keluarga dengan cara mencari sumber-sumber penghasilan untuk memnuhi kebutuhan keluarga, pengaturan penggunaan penghasilan dan menabung untuk kebutuhan keluarga dimasa datang.

Sementara itu  Ketua Penggerak PKK Nasional Erni Guntarti  Tjahjo Kumolo pada saat membuka Pameran Gelar dagang dan pasar rakyat  mengatakan melalui momentum pameran dan gelar dagang digunakan sebagai  pembelajaran untuk menumbuhkan semangat berusaha bagi keluarga, khususnya bagi keluarga prasejahtera serta usaha mikro lainnya.

Dia berharap melalui gelara dagang  ini, kelompok kelompok usaha mikro khususnya,  dapat terbantu dalam memasarkan produk unggulan masing-masing daerah selain memberi peluang masyarakat setempat, khususnya masyarakat yang tinggal di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Dikatakannya bahwa dengan kegiatan ini akan terjalin komunikasi sesama pedagang dan saling tukar pengalaman serta membangun jaringan pemasaran yang lebih luas yang memiliki daya saing dari segala hal, baik kualitas maupun kuatitas produk.

“Jadi pelaksanaan fungsi ekonomi merupakan langkah untuk mewujudkan ketahanan keluarga, sesuai dengan tema Harganas ke XXIV 2017 yakni keluarga berkumpul, berinteraksi, berdaya, peduli dan berbagi,” kata Erni Guntarti. (*)

 

 

 

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top