share on:
Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN- RI, Nerius Auparay diapit pasangan H Umardani motivator KB pria Kota Samarinda

IPKB Kaltim-  Dari 34 Provinsi di Indonesia , Provinsi Kalimantan Timur salah satu peserta lomba tingkat nasional motivator KB pria yang masuk dalam 10 nominasi  penilaian  Tim  BKKBN- RI .

“Tujuan saya datang ke Provinsi Kaltim khususnya kota Samarinda untuk melihat langsung  peserta lomba atas nama H.Umardani  yang telah masuk   dalam 10 nominasi penilaian,” kata Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN- RI, Nerius Auparay di Samarinda, Selasa (22/5).

Ia mengatakan  selain melihat langsung juga melakukan verifikasi data yang telah dikirim ke panitia lomba. Dari 10 nominator yang ada nantinya akan dipilih pemenangnya juara I,II,dan III tingkat nasional.

“Bagi mereka yang terpilih atau menang dalam lomba motivator KB pria tersebut akan di undang hadir  pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 7 Juli 2018 yang rencananya diselenggarakan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara,” katanya.

Nerius menjelaskan sejumlah lomba tingkat nasional yang diselenggarakan BKKBN- RI adalah bertujuan untuk memberikan motivasi  dan bentuk perhatian kepada pemerintah daerah, OPD KB, tokoh dan para pejuang KB dalam mensukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Mudah-mudahan Provinsi Kaltim menjadi pemenang dalam lomba motivator KB pria dan menjadi motivasi bagi yang lainnya,”harap Nerius.

Sementara itu H.Umardani sebagai monivator KB pria di Kecamatan Sambutan, Kelurahan Selili sudah melakukan Medis Operasi Pria (MOP) atau vasektomi  26  tahun lalu yakni sejak tahun 1992.

“Pilihan ber KB dengan cara MOP adalah untuk menggantikan peran istri dan tidak ingin menambah anak, karena sudah memiiiki dua orang anak laki dan perempuan yang saat ini sudah bekerja sebagai PNS,”katanya.

H.Umar memiliki istri yang saat itu juga sebagai kader KB di daerah tersebut sejak tahun 1982  sehingga mendukung keinginannya melakukan vasektomi dan sebagai contoh bagi keluarga yang lain.

“Saya terus melakukan motivasi kepada bapak-bapak di daerah sini maupun di daerah sekitarnya  untuk melakukan MOP,” kata Umardani.

Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Samarinda, Marnabas, Camat Sambutan dan  Lurah  Selili.

“Kehadiran pejabat BKKBN pusat ke Samarinda dapat memberikan semangat kepada para motivator KB pria. Sebab tidak dipungkiri kepesertaan KB pria di Samarinda masih rendah, tapi secara nasional cukup bagus,” kata Marnabas.

Dia berharap  Umardani sebagai motivator akan dijadikan duta KB pria dalam  sosialisasi roadshow  ke kelurahan-kelurahan, desa-desa dan Kampung KB.(*)

share on: