You Are Here: Home » Berita » Kaltim-Kaltara Serius Belajar Kampung KB

Kaltim-Kaltara Serius Belajar Kampung KB

Sejumlah Kepala SKPD KB dari Provinsi Kaltim dan Kaltara yang melakukan studi banding ke Dusun Cigadug ,Desa Karyamukti ,Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Kepala SKPD KB dari Provinsi Kaltim dan Kaltara yang melakukan studi banding Kampung KB di Dusun Cigadug ,Desa Karyamukti ,Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat.

IPKB Kaltim- Sejumlah SKPD KB di Provinsi Kaltim dan Kaltara serius akan menggalakkan kampung KB di daeranya dengan melakukan studi banding atau belajar ke Dusun Cigadug ,Desa Karyamukti ,Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat.

“Studi banding ini merupakan ide dari sejumlah SKPD KB dari Provinsi Kaltim dan Kaltara, mereka mau melihat langsung keberadaan kampung KB di Kota Banjar, khususnya Kampoeng KB di Desa Karyamukti ,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Sukaryo Teguh Santoso, beberapa waktu lalu.

Adapun sejumlah SKPD KB  yang mengikuti studi banding tersebut  dari Kaltim di antaranya  Kota Samarinda, Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Berau,  Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Kemudian  dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat.Selanjutnya dari Provinsi Kaltara  dari Kabupaten Bulungan, Nunukan , Malinau dan ditambah dari Forum CSR Pertambangan.

Sebelum datang  ke lokasi desa  Karyamukti  rombongan diberi penjelasan dari Wakil Walikota Banjar drg.H Darmadji Prawirasetia,M.Kes  bersama pejabat terkait di ruang pertemuan Kantor Walikota Banjar.

Setelah mendapat penjelasan dari pemerintah Kota Banjar, rombongan langsung menuju ke lokasi  Dusun Cigadug, Desa Karya Mukti, Kecamatan Pataruman dan diterima sejumlah warga serta Kepala Desa Karyamukti, Ajat Sudrajat didepan Bale Sawala (Tempat berkumpul) kegiatan kampung KB.

“Pembentukan kampung KB tidaklah mudah, kami sudah lebih dulu merintisnya sejak tahun 2011 lalu, sebelum dicanangkan secara sernetak oleh Presiden RI Jokowi pada 14 Januari 2016 di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Ia mengatakan kampung KB  Desa Karyamukti  dipusatkan  sejumlah kegiatan  di Bale Sawala  di antaranya pos KB, PIK Remaja, Bina Keluarga Balita (BKB) yang terintegrasi dengan sektor kesehatan Posyandu , Pendidikan ( PAUD) dan pertanian ( wanita tani), kelompok UPPKS.

Ajat menjelaskan  pembentukan kampung KB  tentunya mendapat dukungan  dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, tokoh agama , kader  dan masyarakat setempat. Awalnya untuk membangun Bale Sawala  mendapatkan bantuan sebesar Rp5.000.000,-

Rohayati  dari  Petugas Lapangan KB (PLKB)  Desa Karyamukti  menambahkan bahwa  sebelum terbentuknya kampung KB dan Bale Sawala terjadi pro dan kontra, namun setelah dilakukan advokasi dan pendekatan, akhirnya terwujud kampung KB di  Desa Karyamukti.

“Terwujudnya kampung KB ini berkat kerjasama antara PLKB,perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para kader,” katanya.

Pada pertemuan  tersebut sejumlah kepala SKPD KB baik dari Provinsi Kaltim maupun Kaltara antusias melakukan pertanyaan-pertanyaan. Terutamamengenai  kendala-kendala yang dihadapi serta dukungan dari pemerintah Jawa Barat khususnya pemerintah Kota Banjar.

Muhammad Yani dari SKPD KB Bulungan mengatakan dari hasil studi banding ke Jawa Barat  tentunya banyak   wawasan dan pengalaman didapat, namun tidak semua bisa diterapkan.

“Utamanya komitmen para pimpinan atau para pengambil kebijakan, selain itu karakter masyarakatnya juga sangat berbeda. Disini komitmen para steakholder  yang mendukung penuh  dan kesadaran masyarakatnya yang tinggi, berbeda dengan masyarakat di Bulungan yang hetrogen,” katanya. (*)

 

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top