share on:
Suasana HUT IBI Kaltim ke 67 Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli (tengah ) Letu Inf Imam Nawawi (kiri) dan Ketua IBI Kaltim Encik Widyani (kanan)

IPKB Kaltim – Ikatan Bidan Indonesia (IBI)Provinsi Kaltim bersinergi dengan Perwakilan BKKBN Kaltim melakukan bakti sosial   memberikan pelayanan pemasangan kontrasepsi  gratis kepada masyarakat di Kelurahan Rapak Dalam, Kecamatan Loa Janan Ilir.

“Kegiatan bakti sosial ini merupakan kerjasama antara IBI Kaltim, IBI Samarinda, BKKBN Kaltim dan TNI dalam hal ini Korem 091 Aji Suryanata Kusuma memberikan pelayanan KB gratis,” kata Ketua IBI Kaltim, Encik Widyani di Samarinda, Selasa (24/7).

Ia mengatakan, kegiatan bakti sosial ini adalah rangkaian kegiatan memperingati HUT IBI yang  ke 67 tahun berkolaborasi, bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait yang sejalan dengan program   BKKBN yakni  meningkatkan kepesertaan ber KB di Kaltim, khususnya di Samarinda.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah  meningkatan kepesertaan ber KB  yang sejalan dengan program IBI meningkatakan kesehatan ibu dan anak.

“Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut  baik dari BKKBN, Korem 091 Aji Suryanata Kusuma dan instansi terkait lainnya sehingga program KB  mewujudkan keluarga kecil bahagia dapat dicapai,” kata Encik.

Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli mengatakan peran IBI sangat besar terhadap program Kependudukan Keluarga Berencana  dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), kegiatan yang dilakukan penggerakan dan penyuluhan ujungnya pada pelayanan yang dilakukan para bidan.

“Dengan sinergitas ini diharapkan  program-program pemerintah akan  tercapai dan berjalan dengan baik,” katanya.

Menurutnya  di Provinsi Kaltim  jumlah peserta akseptor baru  hingga Juli 2018  sudah tercapai 40 persen  dari yang ditargetkan.  Adanya berbagai kegiatan  dan kesempatan BKKBN  terus  melakukan advokasi dan sosialisasi,memberikan pelayanan kontrasepsi  gratis bagi masyarakat  miskin, kepesertaan KB nya  kurang dan daerah legokan di berbagai tempat.

Ia yakin  tahun ini  terget kepesertaan  KB baru  di Kaltim akan   tercapai yakni  sebesar  100 ribu peserta  sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi dengan banyaknya kegiatan  yang digelar oleh para mitra kerja seperti  HUT IBI, TNI  manunggal  KB Kes  serta kegiatan yang digelar oleh pemerintah kabupaten/kota.

Sementara itu Pasiter  Korem 091 Aji Suryanata Kusuma Letu Inf.Imam Nawawi menambahkan selama ini TNI  bekerjasama dengan BKKBN  yakni dalam bentuk penggerakan di masyarakat melalui ujung tombak para Babinsa di lapangan.

“Babinsa membantu dalam hal penggerakan, mengajak masyarakat untuk ikut program KB,  apabila pertumbuhan penduduk berjalan  tumbuh seimbang  dan  terkendali  maka sangat berpengaruh terhadap NKRI,” tutur Imam.(*)

 

share on: