share on:
Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo serahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Gubernur Kaltim Isran Noor dan Istri Norbaiti di Pendopo Odah Etam, Kamis (21/10/2021). (ANTARA/Rhd)

 

 

IPKB Kaltim- Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor dan Istrinya Norbaiti terima penghargaan  dari pemerintah berupa Manggala Karya Kencana (MKK) melalui BKKBN RI karena dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Berencana (Bangga Kencana).
Penyerahan penghargaan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo kepada Gubernur Isran Noor dan Norbaiti berlangsung  di Pendopo Odah Etam, Kamis (21/10/2021).

“Gubernur Kaltim memiliki komitmen terhadap program Bangga Kencana sehingga sebagai apresiasi pemerintah memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana,” kata Hasto Wardoyo di Samarinda, Kamis (21/10/2021).

Dia menjelaskan ada beberapa indikator yang menjadi penilaian untuk pemberian penghargaan tersebut diantaranya Kalimantan Timur, Indeks Pembangunan Manusianya (IPM) tinggi mendekati angka 70 dan didukung adanya angka harapan hidup yang cukup tinggi.

Lanjut Hasto program-program terkait dengan Bangga Kencana dijalankan dengan baik di Kalimantan Timur.  Kemudian selama pandemi ada pendataan keluarga dan di Kaltim sukses hampir 100 persen, karena data-data tersebut dapat dipetakan untuk pembangunan kepandudukan.

“Di Kalimantan Timur juga TFR nya di bawah 2,5 meskipun ditergetkan pada 2024  tinggal 2,1.  di Kaltim terennnya menurun. Asumsinya setiap perempuan melahirkan di Kaltim ada tiga, empat dan ada di bawah tiga anak,” ucapnya.

Sementara Isran Noor usai penyerahan penghargaan kepada awak media mengatakan penghargaan yang didapat merupakan sebuah tanggung jawab untuk mempertahankan  prestasi Kaltim yang sudah baik dalam melakukan pengendalian penduduk.

“Penghargaan ini menjadi tanggung jawab moral yang harus menjadi motivasi. Banyak sekali yang terkait dengan persoalan keluarga sejahtera, kesehatan dan berbagai macam yang masih menjadi perhatian kita,”kata Isran.

Isran berharap agar seluruh kegiatan dan program yang berkaitan dengan kependudukan dan keluarga berencana dapat berjalan lancar di Bumi Etam atau di Kaltim.

Sekadar diketahui, penghargaan Manggala Karya Kencana di Indonesia hanya  dua  Gubernur yang baru mendapatkan penghargaan pada tahun 2021, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

share on: