share on:

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor bersama Ibu Nor Baiti Isran Noor menghadiri acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI, di Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara puncak Harganas itu juga dihadiri Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani, Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moelok, dan Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, serta gubernur dan bupati/walikota beserta Ketua TP PKK  dari masing-masing Provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia.

Kegiatan dirangkai penyerahan berbagai penghargaan bagi kepala daerah se Indonesia terkait kebijakan pembinaan keluarga. Termasuk penyerahan bantuan sosial masyarakat diantaranya program keluarga harapan, kartu indonesia pintar, dan rumah swadaya.

Dikatakan Puan Maharani, penyelenggaraan Harganas XXVI terbilang paling meriah ketimbang peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Semua daerah hadir disini. Karenanya saya berikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini,” katanya.

Dikatakan, Harganas yang diperingati setiap 29 Juni merupakan momentum untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih memahami dan menyadari bahwa keluarga merupakan pondasi penting mewujudkan keluarga yang sejahtera dan berketahanan.

Hal tersebut mendasari pemerintah memberikan penghargaan atas komitmen dan jasa dalam memajukan program KB dan pembangunan keluarga.

“Tanda kehormatan dan penghargaan yang diberikan ini untuk memperteguh komitmen memajukan kualitas keluarga di Indonesia. Keluarga berperan penting dalam membangun bangsa di dalam keluarga. Keluarga menjadi media pembelajaran membangun etika dan norma dalam kehidupan,” katanya.

Perlu dipahami bahwa di Indonesia terdapat 714 suku bangsa, 1.100 bahasa daerah, dan 17 ribu pulau. Keluarga menjadi wadah membangun sikap kebersamaan sebagai bangsa Indonesia yang seutuhnya.

Oleh karenanya keluarga hurus dapat menjadi tempat dalam membangun sikap dalam menghargai perbedaan dan mengedepankan rasa persatuan sebagai keluarga besar Indonesia.

“Peringatan Harganas XXVI di Provinsi Kalimantan Selatan dengan tagline “Cinta Keluarga,Cinta Terencana”. Berarti kita semua mencintai merencanakan keluarga yang bahagia,sejahtera dan berbudaya,” katanya.

Puan Maharani mengingatkan bahwa peringatan Harganas yang dilaksanakan setiap tahun jangan hanya seremonial saja, tetapi benar-benar menjadikan keluarga sebagai fondasi utama dalam setiap segi kehidupan.

Pada kesempatan yang sama Kepala BKKBN-RI, Hasto Wardoyo mengatakan tema sentral Harganas tahun 2019 yakni “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta keluarga ,cinta terencana,”katanya.

Program tersebut mengandung makna bahwa sebelum membangun keluarga harus dimulai dengan perencanaan yang  baik agar tercipta keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Melalui peringatan Harganas diharapkan sebagai pemicu bagi keluarga Indonesia berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi berkualitas.

“Setiap keluarga diharapkan dapat menjalankan 8 fungsi keluarga secara optimal dan pada akhirnya akan terbentuk generasi emas bangsa Indonesia yang berkualitas, berkompeten dan berkarekter,” katanya.

Hasto Wardoyo juga menyampaikan peringatan Harganas XXVI dimulai dengan kegiatan sosialisasi melalui media elektronik dan media cetak, kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan sosial lainnya yakni dari 1 Juli hingga puncaknya 6 Juli 2019 di pusatkan di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan di antaranya kegiatan sosial donor darah, khitanan  masal, pelayanan KB dan seminar-seminar kesehatan.

Pada puncak peringatan Harganas ke XXVI juga diberikan tanda kehormatan dan penghargaan kepada berbagai kelompok yang selama ini mendukung program kependudukan dan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Lanjut Hasto Wardoyo tanda kehormatan dan penghargaan yang diberikan di antaranya Satya Lencana Pembangunan, Satya Lencana Wira Karya, Manggala Karya Kencana serta pemberian kepada Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar, dan rumah swadaya.

share on: