share on:
Firdaus Akbar dan Restu Putri sebagai Juara I Duta Genre Kaltim2019

IPKB Kaltim- Terpilih sebagai juara I pada ajang kreatifitas dan Anugerah Duta Generasi Berencana (Genre ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur untuk kategori putra diraih Firdaus Akbar dan kategori putri diraih restu Putri Ananda.

Kedua juara I tersebut Firdau Akbar dari Kabupaten Paser dan Restu Putri Ananda dari Kabupaten Berau berhasil menyisihkan teman-temannya dari kabupaten/kota se Kalimantan Timur pada ajang Anugerah Duta Generasi Berencana (Genre ) tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar di Swiss Belll Hotel, Samarinda.

“Saya cukup bangga terpilih menjadi Duta Genre Kaltim dan selanjutnya saya akan menyebarkan virus-virus Genre kepada remaja lainnya di Kaltim,” kata Firdaus Akbar.

Ia mengatakan dalam hal menularkan virus Genre ada tiga hal yang penting  untuk diketahui  teman-teman remaja yakni harus dapat mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum memasuki kehidupan berkeluarga.

Kemudian berbagi pengetahuan tentang  kesehatan reproduksi remaja dan pendewasaan usia perkawinan serta solusi menghindari penyalahgunaan Narkoba.

Hal senada juga diungkapkan Restu Putri Ananda, meraih juara I bukan hanya sekedar mendapatkan slempang dan piala serta penghargaan, tetapi adalah sebagai amanah besar dalam menjalankan program Genre agar lebih baik.

“Meraih juara merupakan amanah dalam melanjutkan inovasi program Genre saya, supaya para   remaja tidak terjerumus kepada hal-hal negative dan  melakukan persiapan kehidupan remaja dengan baik, sebelum memasuki masa perkawinan,” katanya.

Sementara panitia pelaksana kegiatan ajang Anugerah Duta Genre tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara),Harlan Lelana mengatakan jumlah peserta sebanyak 24 peserta terdiri dari 18 peserta dari Kaltim dan 6 peserta dari Kaltara.

“Dengan peran Duta Genre, sosialisasi dan promosi program Genre di lingkungannya sangat efektif karena  terjalin komunikasi yang baik,” katanya.

Adapun pemenang lomba  ajang kreatifitas dan Anugerah Duta Generasi Berencana (Genre ) tingkat Provinsi Kalimantan 2019 yaitu

Juara Favourite kategori Putra atas nama Ruddyansyah asal Kota Balikpapan dan  kategori Putri Tias Bonita  asal Kabupaten Penajam Paser Utara.

Juara Konten Kreator Putra: Fajar  asal Kabupaten Berau dan Putri Restu Putri Ananda asal Kabupaten Berau)

Kemudian Juara II di raih Heriyanto asal Kota Samarinda dan Nur Kamilah asal Kota Samarinda. Selanjutnya juara III di raih Fajar  asal Kabupaten Berau dan Maria Yosephin asal Kabupaten Paser

Sedangkan dari Provinsi Kalimantan Utara  (Kaltara) Juara I di raih Muhammad Rakien asal Kota Tarakan dan Nanda Sari  asal Kota Tarakan.

Juara II di raih Kasmawai  asal Kabupaten Nunukan dan Dayang Angel  dari Kabupaten Nunukan.

share on: