share on:
Sejumlah pegawai BKKBN Kaltim mengikuti rangkain kegiatan peningkatan kompetensi di lokasi Rumah Ulin Arya
Sejumlah pegawai BKKBN Kaltim mengikuti rangkain kegiatan peningkatan kompetensi di lokasi Rumah Ulin Arya (BKKBN Kaltim/Aditya)

IPKB Kaltim- Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli mengatakan kompetensi pegawai dilingkungan instansi yang dipimpinnya harus meningkat, mengingat  tantangan kedepan samakin berat dan sulit.

“Dari tahun ketahun tantangan semakin berat, sehingga perlu dilakukan peningkatan kompetensi agar  pegawai mampu bermitra dengan setiap orang untuk mencapai target-terget yang telah ditetapkan,” katanya  usai membuka acara refreshing di lokasi Ulin Arya  Samarinda, Senin (18/12).

Dalam mengembangkan  kompetensi pegawai BKKBN Kaltim, Eli F menekankan  tiga hal yakni nilai, sistem dan leadership.Kompetensi adalah  seperangkat pengetahuan, keterampilan dan prilaku yang harus dimiliki seorang pegawai untuk dihayati, dikuasai dan diaktualisasikan.

Menurutnya  yang dimaksud  nilai disini adalah  bekerja  harus berdasarkan nilai-nilai, kemudian sistem yaitu sistem kerja harus semakin baik, kerjasama dan kekompakan. Selanjutnya leadership (kepemimpinan)  bagaimana seorang pemimpin menjaga keharmonisan antara atasan dan bawahan.

Eli mengemukakan tahun depan adalah dimana sejumlah  tenaga PKB dan PLKB menjadi pagawai BKKBN  pusat dan tidak lagi menjadi pegawai daerah. Ada sekitar 197 tenaga PKB/PLKB pengelolaanya oleh pemerintah pusat dan pemberdayaan oleh  masing-masing daerah.

” Hal ini akan menjadi ujian bagi BKKBN,  kalau para PLKB   sama saja kualitasnya dengan sebelum menjadi pegawai BKKBN pusat,  maka menjadi tidak bermakna oleh karena itu  kualitas pegawai perlu ditingkatkan,”katanya.

Lanjut Eli peningkatan kualitas dan kompetensi pegawai harus dimulai dari pegawai BKKBN Kaltim ,  kemudian berjenjang di kabupaten/kota,  petugas PKB/PLKB,  kader , Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan sub PPKBD dan mitra kerja.

Diharapkan dengan adanya refreshing program KKBPK dalam rangka  meningkatkan kompetensi pegawai , Aparat  Sipil Negara (ASN) di lingkungan BKKBN Kaltim dapat  bekerja penuh nilai, semangat, tanggung jawab, bekerja  secara tim, saling support dan  mampu mengembangkan kemitraan.

“Hasil dari kegiatan ini pada akhirnya dapat terbangun sistem kerja yang bagus  dan menjadi pemimpin   yang berkualitas untuk pencapaian program KKBPK di Kaltim,” kata Eli Kusnaeli. (*)

 

share on: