share on:
Bupati Berau Muharram didampingi Kepala Perwailan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli dan KepalaDPPKBP3A Berau Rohaini dan sejumlah pejabat lainnya meresmikan Gedung Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Sambaliung Kabupaten Berau

IPKB Kaltim – Bupati Berau Muharram meresmikan gedung Balai Penyuluhan KB di Jalan Bukit Berbunga Kecamatan Sambaliung ,Kabupaten Berau yang merupakan wadah berbagai kegiatan terkait program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KBPK).

“Keberadaan gedung Balai Penyuluhah KB akan semakin mempermudah pelayanan masyarakat di wilayah kecamatan yang biasa harus berurusan di pemerintah kabupaten, namun sekarang cukup di kecamatan,” kata Muharram di Berau, Kamis.

Pembangunan gedung Balai Penyuluhan KB tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang menginginkan setiap kecamatan harus ada  satu gedung Balai Penyuluhan KB.

Ia berharap  dengan adanya gedung Balai Penyuluhan KB dan dikelola dengan baik, maka  berbagai kegiatan dapat dilakukan seperti pelayanan kepada masyarakat dan pembinaan kepada para remaja.

Berbagai kegiatan tersebut misalnya memberikan konseling terkait generasi berencana, pasca menikah, pasca melahirkan, memahami pola asuh, diberikan keterampilan-keterampilan serta permasalahan keluarga lainnya.

“Dengan adanya kegiatan di Balai Penyuluhan KB  adalah menjadi modal dasar kita untuk memberikan pelayanan, meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,”katanya.

Oleh karena itu  Muharram meminta kepada masyarakat di Kecamatan Sambaliung dapat memanfaatkan Gedung Balai Penyuluhan KB dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim,Eli Kusnaeli menambahkan Balai Penyuluhan KB  sebagai pusat kegiatan aktivitas masyarakat, pusat data,kegiatan remaja,para akseptor KB serta sebagai tempat kegiatan pelatihan keterampilan.

Menurutnya dari 103 Kecamatan yang ada saat ini sudah ada 27 Balai Penyuluh KB yang dibangun dan tersebar di sejumlah kabupaten/kota se Kalimantan Timur, dan di Kecamatan Sambaliung sendiri  merupakan pertama kalinya dibangun, nantinya akan terus dibangun  tiap kecamatan di Kabupaten Berau.

“Adapun biaya pembangunan Gedung Balai Pelatihan KB menggunakan Dana Alokasi Khusus  (DAK) dari pemerintah pusat dan lahannya disiapkan oleh pemerintah daerah setempat,” kata Eli.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen akan membangun Balai Penyuluhan KB di 13 kecamatan secara bertahap selama tiga tahun. Kabupaten Berau pada tahun  anggaran 2019 kembali akan membangun 1 Balai Penyuluhan KB di salah satu kecamatan.

“Saya  meminta kepada Pemerintah Kabupaten Berau dalam mengusulkan pembangunan Gedung Balai Penyuluh KB melalui dana DAK ke Pemerintah Pusat  diusulkan semuanya sesuai jumlah kecamatan yang ada,” ujar Eli Kusnaeli.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana ,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Berau Rohaini berterima kasih dengan pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Berau yang mendukung pembangunan Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Sambaliung.

“Pembangunan Gedung Balai Penyuluhan KB  seluas 600 meter persegi  ini menggunakan dana DAK 2018  sebesar Rp600 juta dan lahannya disiapkan oleh Pemkab Berau,” katanya.

Sedangkan  untuk  kegiatan  atau operasional bisa dilakukan shering anggaran yakni dari DPPKBP3A Berau dan melalui dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dari BKKBN RI.

“Gedung Balai Penyuluhan KB ini hendaknya dimanfaatkan oleh para PLKB dan masyarakat sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas pelayanan, SDM serta meningkatkan kesejahteraan keluarga,”harap Rohaini.(*)

 

 

share on: