share on:
BKKBN Kaltim saat menggelar sosialisasi pembangunan keluarga pada kelompok mitra kerja.

IPKB Kaltim –  Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN ) Provinsi Kalimantan Timur kembali merangkul para kelompok mitra kerja dalam menyukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga  (KKBPK) di Kaltim.

“Sejumlah kelompok mitra tidak mungkin dibiarkan, tetapi harus kita rangkul  dan dilakukan pembinaan  agar ada peningkatan lebih baik, oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi,” kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Kaltim Achmad Taqdir,Selasa.

Ia menilai dari segala kelompok kegiatan  yang ada hanya kegiatan Generasi Berencana (Genre) yang bisa tampil ditingkat nasional, tetapi kelompok  kegiatan lainnya termasuk  kelompok Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Sejahtera (UPKKS) untuk mencapai tingkat nasional  sangat sulit.

Oleh karena itu BKKBN Kaltim perlu melakukan  sosialisasi, pembinaan  dan evaluasi terhadap kelompok-kelompok  kegiatan yang merupakan mitra kerja dari BKKBN Kaltim dalam  meningkatkan kualitas  untuk menyukseskan program KKBPK.

Dikemukakan Taqdir  sasaran utama  dalam  merangkul  sejumlah kelompok kegiatan  untuk   mengoptimalkan  mereka  sebagai peserta KB aktif. Paling tidak  dengan beraktivitas dalam kelompok kegiatan  secara  tidak langsung mempertahankan  kepersertaan ber KB pada kelompok-kelompok tersebut.

“Mereka tidak  lagi berpikir  untuk  menambah  keturunan,  mengetahui  kesehatan reproduksi, dan sudah  berpikir   bagaimana untuk berkarya  dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Taqdir menyebutkan  dalam melakukan pembinaan BKKBN Kaltim akan memfasilitasi jika ada kelompok-kelompok kegiatan yang mengalami kesulitan , misalnya dalam hal produksi , peningkatan kualitas produksi , pemasaran maupun permodalan.

“Kita akan fasilitasi dengan instansi terkait misalnya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi juga melalaui Baznas maupun pihak perbankan,” ujar Taqdir.

Selain itu juga BKKBN melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap gerakan pramuka   yang dinamakan  Saka Kencana.

Menurutnya dalam dua tahun terakhir BKKBN  Kaltim dengan Saka Kencana sempat stagnan melakukan kegiatan, oleh karena itu BKKBN kembali merangkul  Saka Kencana  untuk berpartisipasi, membantu mensosialisasikan melalui kegiatan-kegiatan pramuka.

Lanjut  Taqdir meskipun selama ini ada wadah untuk kegiatan  para remaja melalui program Genre, namun diperkuat  melalui  kegiatan pramuka, baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten/ kota yang sudah terbentuk.(*)

 

share on: