share on:
Saat peluncuran “Rumah Data” di Kampung KB Seraya Adhika Kelurahan Sepinggan Raya,Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan

IPKB Kaltim- Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur meluncurkan “Rumah Data” di Kampung KB Seraya Adhika Kelurahan Sepinggan Raya,Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan agar masyarakat mudah mendapatkan data-data kependudukan.

“Peluncuran rumah data secara serentak dilakukan di  delapan Kampung KB lainnya di Kota Balikpapan dan kebetulan dipusatkan di Kampung KB Seraya Adhika,Balikpapan Selatan,”kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim,Eli Kusnaeli di Balikpapan.

Ia mengatakan manfaat dari rumah data akan memberikan informasi tentang kependudukan dan keluarga berencana (KB) dan tingkat kesejahteraan keluarga di Kampung KB yang dilengkapi dengan rumah data.

Eli berharap semua organisasi perangkat daerah lintas sektor seperti Disdukcapil, Dinas pertanian, perkebunan, kesehatan dan pendidikan  serta organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat dapat memanfaatkan data-data yang ada dirumah data.

“Kedepan setiap Kampung KB memiliki “Rumah Data” diharapkan data-data yang ada  bisa update serta dapat dimanfaatkan  oleh lintas  sektor  dengan kata lain   Kampung KB  sebagai  miniatur pembangunan terpadu seluruh sektor,”katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih, rumah data akan sangat membantu pihak-pihak yang ingin mengakses informasi tentang kependudukan.

“Melalui rumah data diharapkan masyarakat lebih peka dan sadar bahwa jumlah penduduk yang terkendali memiliki keterkaitan yang erat dengan kesejahteraan,”katanya.

Sejumlah data yang tersedia di rumah data di antaranya data gizi,stunting,ibu hamil,KB, Balita, jumlah keluarga dan lain-lainnya yang berkaitan dengan data sejumlah sektor seperti pertanian,Usaha Kecil Menegah (UKM) serta data kematian, pindah dan  datang.

“Adanya rumah data di Kampung KB dapat memabantu dan memudahkan sejumlah instansi maupun masyarakat dalam memperoleh pelayanan,”kata Sri Wahyuningsih (*)

 

share on: