share on:
Kasi Latbang BKKBN Kaltim, Harlan Lelana saat mengalungkan tanda peserta pelatihan program KKBPK

IPKB Kaltim –  Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan pelatihan program Kependudukan Keluarga Berencana  dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi  tim pengelola KB desa.

“Jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 orang berasal dari Kabupaten/Kota se Provinsi Kaltim  yang terdiri dari Kepala desa, Ketua Kampung KB  dan Pembantu Pembina KB desa ,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli yang diwakili Kasi Latbang BKKBN Kaltim, Harlan Lelana  ditemui  usai membuka pelatihan Rabu (12/9) di Samarinda.

Harlan menjelaskan yang melatar belakangi kegiatan pelatihan tersebut salah satunya adalah amanat UU N0.06 /2014 tentang desa dan PP No.43 /2014 tujuan dari pembangunan desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar.

Menurutnya kondisi  saat ini  pemerintah desa terhadap pelaksanaan program KKBPK dinilai belum optimal  karena disebebkan beberapa faktor di antaranya kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pengendalian penduduk, penyelenggaraan KB dan ketahanan keluarga.

Memahami kondisi tersebut  maka untuk meningkatkan program KKBPK  di tingkat desa sangat dipengaruhi  oleh kepedulian dan komitmen perangkat  desa seperti   kepala desa, ketua BPD,LPMD serta dukungan dari lembaga lainnya.

“Oleh karena itu tujuan  dari diselenggarakannya   pelatihan Program KKBPK   akan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta dukungan  pemerintah desa terhadap program KKBPK terutama di desa-desa yang telah membentuk Kampung KB,” katanya.

Harlan berharap  setelah mendapatkan pelatihan yang digelar selama empat hari,  mulai  tanggal 12 sampai 15 para tim KB desa dapat merencanakan dan   menyusun kebijakan yang berkaitan dengan program KKBPK di desanya masing-masing.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan program KKBPK dari BKKBN Kaltim sebanyak 30 orang yang berasal dari 10 Kabupaten/kota yakni dari  Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Berau, Penajam Paser  Utara (PPU) dan Kabupaten Paser.  Selanjutnya  tiga kota lainnya yakni Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang.

Peserta pelatihan akan diberikan wawasan dan pengetahuan tentang program KKBPK  dari BKKBN Kaltim serta  strategi membangun desa  dan peran pemerintahan desa  terhadap program KKBPK  dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa  Kaltim.(*)

 

share on: