share on:
Produk unggulan Kaltim yang dipamerkan dan dipasarkan digelar dagang pada rangkaian kegiatan Harganas (dok IPKB Kaltim)

IPKB Kaltim – Perwakilan BKKBN Provinsi Kaltim kembali  berpartisipasi  dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV  yang diselenggarkan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara di rencanakan pada puncaknya  7 Juli 2018 mendatang.

“BKKBN Provinsi Kaltim seperti biasa turut berpartisipasi  dalam peringatan Harganas dengan menampilkan produk-produk unggulan  hasil  Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) pada kegiatan gelar dagang,” kata  Sekretaris Perwakilan BKKBN Kaltim, Achmad Taqdir di Samarinda.

Produk unggulan Kaltim yang akan ditampilkan  di antaranya kerajinan yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota, contohnya seperti  teh  berasal dari bahan baku serai, kue keminting, abon ikan, minyak bulus, minyak ikan, kripik.

Selain itu ada juga asesoris dari manik-manik, batik Kaltim, sarung Samarinda, baju kaos Kaltim dan banyak lagi yang lainnya.

Taqdir berharap melalui gelar dagang kelompok UPPKS  binaan BKKBN Kaltim peserta KB bisa meningkatkan kesejahteraanya mampu meningkatkan pendapatan keluarga, karena mereka mengikuti anjuran pemerintah “dua anak cukup” . Sehingga mereka bisa memanfaatkan waktu untuk membuat produk makanan dan  kerajinan rumah tangga yang bisa di jual.

Menurutnya inilah salah satu fungsi keluarga yakni fungsi ekonomi.Sebuah keluarga dengan cara mencari sumber-sumber penghasilan untuk memnuhi kebutuhan keluarga, pengaturan penggunaan penghasilan dan menabung untuk kebutuhan keluarga dimasa datang.

Taqdir menjelaskan melalui ajang Harganas yang digelar setiap tahun  akan terjalin komunikasi sesama pedagang dan saling tukar pengalaman serta membangun jaringan pemasaran yang lebih luas yang memiliki daya saing dari segala hal, baik kualitas maupun kuatitas produk.

“Jadi pelaksanaan fungsi ekonomi merupakan langkah untuk mewujudkan ketahanan keluarga, bermanfaat bagi masing-masing peserta dari berbagai daerah  di Indonesia,” katanya.

Lanjut Achmad Taqdir  untuk pelaksanaan peringatan Harganas ke XXV  tingkat Provinsi Kaltim  rencananya akan diselenggarakan  pada  tanggal 15,16 17 Juli 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Kutai Timur.(*)

 

share on: