share on:
Perahu hias/jukung BKKBN Provinsi Kaltim yang ikut memeriahkan Harganas XXVI di Banjarmasin Provinsi Kalsel

IPKB Kaltim – Tim Perwakilan BKKBN  Provinsi Kalimantan Timur  (Kaltim) mengikuti parade perahu hias dalam rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI yang di diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“BKKBN Kaltim ikut berpartisipasi dalam kegiatan parade perahu hias dengan ornamen Pesut Mahakam di atas kapal sebagai ciri khas Kaltim ,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim,Eli Kusnaeli,Rabu malam (3/7)

Kegiatan parade perahu hias  rangkaian Harganas XXVI yang  berlangsung di kawasan Menara Pandang Siring, Sungai Martapura,Kalimantan Selatan  adalah  sebagai bentuk  sosialisasi KIE program KKBPK  melalui  kearifan budaya lokal setempat.

Ia mengatakan Harganas  dilaksanakan setiap tahun di provinsi yang berbeda, dan juga dilaksanakan di tingkat  masing-masing  provinsi .  Di Provinsi Kalimantan Timur  sendiri nantinya  akan dilaksanakan  di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) pada  8 Juli 2019.

Eli menjelaskan  peringatan Harganas bertujuan untuk mengingatkan kepada kita semua bahwa pentingnya keluarga,  untuk melakukan introveksi diri  dalam membangun keluarga.

“Kita beharap kegiatan Harganas dapat mengingatkan, memberikan semangat kepada keluarga-keluarga khususnya di Kalimantan Timur untuk dapat menjalankan 8 fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga sejahtera,” katanya.

Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, dalam sambutanya pada kegiatan tersebut mengatakan Filosofi dan pesan moral perahu atau jukung sebagai salah satu cara dan kearifan masyarakat Banjar sangat relevan dalam menggambarkan dan mencerminkan bagaimana sebuah keluarga dalam menjalani kehidupannya, menjadi nilai atau tradisi yang terus dibangun.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor pada  kesempatan yang sama mengungkapkan, Parade perahu/jukung dengan ornamen cirri khas   masing-masing  daerah disatukan melintas di sungai martapura.

“Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pemprov Kalsel dalam mendukung program KKBPK. Semoga kegiatan ini menjadi sarana  KIE program KKBPK, sehingga dapat menciptakan keluarga sejahtera” harap Sahbirin Noor

Sementara itu parade perahu hias tersebut  diikuti 34 perahu dengan didesain yang mempromosikan Program KKBPK dari masing-masing provinsi di Indonesia. Provinsi Kaltim dengan desain, maskot  Pesut Mahakam dan menampilkan pakaian adat suku Dayak Kalimantan Timur.

Parade perahu hias tersebut di saksikan ribuan warga yang menonton di tepi Sugai Martapura kawasan Menara Pandang Siring, meskipun sempat diguyur hujan gerimis.

share on: