share on:
Foto: Sejumlah peserta kegiatan gerakan nasional pendampingan berbasis keluarga foto bersama dengan Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, (tengah) Eli Kusnaeli.

IPKB Kaltim- Perwakilan Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan  Gerakan Nasional Pendampingan Perawatan Jangka Panjang Berbasis Keluarga di Hotel Grand Sawit , Samarinda.

“Program Lansia ini merupakan salah satu bagian upaya kita  mewujudkan keluarga kecil bahagia mulai dari awal berkeluarga sampai Lansia,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli usai membuka acara di Samarinda, Selasa (7/8).

Ia mengatakan jumlah Lansia saat ini semakin meningkat karena harapan hidup semakin tinggi dan  derajat kesehatan  semakin lebih baik. Bagaimana mensejahterakan para Lansia menjadikan Lansia tangguh , hidup bahagia dan sehat.

Kegiatan pendampingan ini akan terus dilakukan, diharapkan setiap kabupaten/kota membuat suatu wadah untuk pengembangan Lansia  dengan mengembangkan satu meteri tentang bagaimana perawatan bagi Lansia berbasis keluaraga atau  “Long Time Care”.

“Tujuan  gerakan nasional  pendampingan perawatan jangka panjang adalah bagaimana para keluarga  nantinya bisa merawat Lansia sehingga para Lansia bisa hidup bahagia diusia tuanya,”kata Eli Kusnaeli.

Sementara Direktur Bina Ketahanan Keluarga Lansia dan Rentan BKKBN RI, Widari  sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan itu menambahkan dengan  adanya gerakan nasional  pendampingan perawatan jangka panjang berbasis keluarga dapat memberdayakan  masyarakat dengan baik, khsususnya bagi Lansia.

“Pemerintah hadir dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat melalui instansi terkait, dan diharapkan  bukan saja Lansia potensial  tetapi juga kepada Lansia non potensial  harus tetap memberikan perhatian,” katanya.

Menurutnya BKKBN melalui progam-programnya terus menggerakkan masyarakat bersama badan pengelola KB di masing-masing daerah  dan para  mitra kerja  secara kontinyu bagaimana  masyarakat bisa sehat.

“Adapun tujuan dari kegiatan Gerakan Nasional Pendampingan Perawatan Jangka Panjang Berbasis Keluarga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pengelola kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) dengan menambah wawasan , pengetahuan dan keterampilan,” kata Widari.

Sementara itu kegiatan berlangsung  dari  tanggal 6-8 Agustus 2018  di Hotel Grand Sawit Samarinda yang diikuti  yang diikuti sejumlah perwakilan badan pengelola KB kabupaten/ kota se Provinsi Kaltim dan para mitra kerja BKKBN Kaltim.(*)

share on: