You Are Here: Home » Berita » BKKBN Kaltim dan DPPKB Samarinda Gelar Bimtek

BKKBN Kaltim dan DPPKB Samarinda Gelar Bimtek

Sekteratis BKKBN Perwakilan Kaltim Achmad Taqdir (tengah) di damping Kepala DPPKB Samarinda, Marnabas (kiri) saat membuka Bimtek bagi PKB dan PLKB Samarinda

Sekteratis BKKBN Perwakilan Kaltim Achmad Taqdir (tengah) di damping Kepala DPPKB Samarinda, Marnabas (kiri) saat membuka Bimtek bagi PKB dan PLKB Samarinda (BKKBN Kaltim/Aditya)

IPKB Kaltim – BKKBN Perwakilan Kaltim dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB)  Kota Samarinda menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi Penyuluh Lapangan KB (PKB) dan  Petugas Lapangan  KB (PLKB) yang ada di Kota Samarinda.

“Kami BKKBN  Perwakilan Kaltim  dan DPPKB Samarinda memberikan apresiasi kepada para PKB dan PLKB dengan memberikan Bimbingan Teknis,” kata Sekretaris BKKBN Kaltim, Achmad Taqdir  saat memberikan sambutan kepada para peserta Bimtek, di Samarinda, Selasa.

Ia mengemukakan mulai  Januari 2018 status pegawai  para PKB dan PLKB di daerah menjadi pegawai BKKBN pusat yakni di kelola oleh BKKBN , sementara pemberdayaan mereka diserahkan kepada masing-masing daerah yaitu kabupaten/kota.

Meskipun demikian BKKBN Provinsi tetap memiliki peran terutama dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemampuan menjadi tanggung jawab dan peran BKKBN, supaya komunikasi dan koordinasi tetap berjalan dan tidak terputus.

“Pembinaan Teknis ini merupakan titik awal, mudah-mudahan ini menjadi proses perubahan bahwa PKB dan PLKB  bisa memahami dan memposisikan  bahwa pengelolaannya oleh BKKBN dan pemberdayannya oleh  Dinas Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota  Samarinda,” katanya.

Sementara itu Kepala DPPKB Kota Samarinda Marnabas menambahkan bahwa Bimtek ini akan dilaksanakan secara rutin,  kerena PKB dan PLKB merupakan lini lapangan harus memiliki ilmu ilmu terbaru (Up to date)   untuk menyampaikan  program-program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Kami berharap dengan adanya Bimtek ini ilmu para PKB dan PLKB  terus berkembang, memiliki kemampuan general tapi  juga spesialis tentang KB,” katanya.

Marnabas mengemukakan bahwa Kota Samarinda sampai saat ini sudah memiliki hampir  20 Kampung KB, peran para PKB dan PLKB sebagai lini terdepan dalam  penggerakan, mereka itulah nantinya membina Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa   (PPKBD) dan sub PPKB.

“Jadi di Kota Samarinda memiliki PKB/PLKB sebanyak 34 orang,  Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa  (PPKBD)  sebanyak 59 orang dan Sub PPKB  (Pembantu Penyuluh Keluarga Berencana) sebanyak 1.979  orang.

Lanjut Marnabas tugas DPPKB Samarinda  ada dua yakni mengendalikan dan merencanakan yaitu masalah  kuantitas  bagaimana mengendalikan penduduk dan kualitas  bagaimana kesehatan, pendidikan  warga, itulah fungsinya Kampung KB.

“Kampung KB akan terus kami galakkan, dalam minggu  ini kembali akan  dilauncing Kampung KB yang ke 19 di  Kelurahan Gunung Lingai ,Kecamatan Samarinda Utara,”kata Marnabas.(*)

 

 

 

 

 

About The Author

Number of Entries : 380

Leave a Comment

All right Reserved © 2015 IPKB Kaltim Powered By WP-by Design K-Website

Scroll to top