share on:
Sejumlah Genre peserta sosialisasi Pembangunan Keluarga yang digelar BKKBN Kaltim bekerjasama dengan DPPKB Kota Samarinda

IPKB Kaltim- Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kaltim  berikan sosialisasi dan pencerahan kepada para remaja yang tergabung  dalam Genre (Generasi Berencana).

“Genre merupakan salah satu  sasaran  BKKBN  dalam mensosialisasikan pembangunan keluarga ,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli  saat membuka  acara sosialisasi di lokasi  Folder Air Hitam  , Jalan AW.Syahranie Samarinda , Sabtu.

Ia mengatakan kegiatan  tersebut merupakan kegiatan spesial di gelar di Samarinda, karena salah satu daerah  yang berprestasi  di dalam kegiatan Genre , begitu juga   sebelumnya  di laksanakan di Kota Bontang yang mendapat apresiasi .

Diharapkan kegiatan-kegiatan Genre  di sejumlah  daerah semakin semarak  dan Genre semakin kuat dalam penyiapan kehidupan  berkeluarga .

“Oleh karena itu para Genre perlu dirangkul  diberikan pemahaman agar mereka melakukan kegiatan positif , dapat mengembangkan kreatifitas , keterampilan dan tukar-menukar  pengalaman bagi anggota Pusat Informasi Konseling (PIK) dalam program Genre,” katanya.

Eli menambahkan intinya bagaimana para remaja dalam mempersiapkan kehidupan  berkeluarga, mereka harus benar-benar siap.  Baik dari segi kesehatan,mental,ekonomi , sosial, sehingga pada saatnya mereka berkeluarga menjadi keluarga yang tangguh.

Sementara itu Walikota Samarinda Syaharie Jaang diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB  (DPPKB) Kota Samarinda, Marnabas mengatakan  berterima kasih  kepada BKKBN , Kota Samarinda menjadi salah satu tempat pelaksanaan sosialisasi Genre.

“Kegiatan  sosialisasi ini di hadiri sekitar 200 generasi berencana  yang berasal dari kampung -kampung KB, sekolah SMA dan perguruan tinggi  untuk mendapatkan pendidikan tentang Genre,” katanya.

Menurut  Marnabas mereka inilah yang nantinya menyebarkan pengetahuan  di lingkungannya masing-masing, bagaimana remaja menjalani kehidupan , mempersiapkan sebelum mereka  berkeluarga.

Ia menilai kegiatan sosialisasi yang digelar BKKBN Kaltim bersama mitra kerja sangat baik dan mendukung , karena  menambah pengetahuan dan wawasan para remaja agar tidak  melakukan pernikahan dini  sebelum melakukan persiapan atau terencana . Selain itu untuk menghindari para remaja  terjerumus pada pergaulan  bebas dan narkoba.

“Saya  berharap kegiatan sosialisasi ini  akan  kembali digelar di beberapa lokasi di Samarinda untuk mendekatkan kepada masyarakat,  misalnya  di Kebun Raya  Samarinda atau Tepian Mahakam untuk mendekatkan remaja Genre kepada alam terbuka , sehingga  mendapatkan  inspirasi  untuk lebih kreatif, “tutur Marnabas.

Pada sosialisasi tersebut diisi tarian, undian doorprize dan talkshow dengan narasumber Kepala BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli, Kepala DPPKB Samarinda, Marnabas serta dari Dinas kesehatan Kaltim.

 

share on: