share on:

IPKB Kaltim – Perwakilan BKKBN Jawa Tengah (Jateng) bersama rombongan berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur, ingin mengetahui dan belajar terkait peran CSR dari pihak perusahaan dalam membantu pengambanagan Kampung KB.

Kunjungan  kami bersama rombongan  ke Kaltim terutama  mengunjungi Desa Bhuana Jaya di Dusun Pulau Mas RT 6  Tenggarong Seberang,  ingin melihat dan belajar terkait peranan CSR perusahaan berperan pada  kampung KB,”kata Sekretaris Badan Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Erna Sulistiawati, Selasa (9/10).

Setelah melihat keterlibatan CSR perusahaan pada Kampung KB, cukup bagus dan mendorong masyarakat setempat, maka kami juga mengajak CSR yang ada di Jawa Tengah untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan Kampung KB.

“Kami akan mencoba  mengajak pihak  palaku usaha  yang ada Jawa Tengah disekitar masyarakat untuk  berpartisipasi, seperti di sini. Karena kita tahu di Jateng banyak perusahaan, untuk itu kami akan  menindaklanjuti bersama Biro Kesra, agar nanti dukungan dari dunia usaha  terhadap Kampung KB yang ada,” katanya.

Sekretaris Camat Tenggarong Seberang Suparman  menjelaskan kepada para tamu dari Perwakilan BKKBN Jateng  bahwa  keterlibatan CSR dalam mendukung perkembangan kampung KB hingga saat ini sudah terlihat. Mulai dari adanya akses jalan untuk aktivitas masyarakat keluar untuk memasarkan hasil pertanian sudah dapat berjalan.

“Kami masih berharap pada forum CSR  agar terus  membantu  Kampung KB  dan melakukan pembinaan serta bantuan-bantuan lainnya, agar Kampung KB dapat lebih berkembang,” paparnya.

Sementara itu salah satu CSR pertambangan batubara, yakni Head Dept CSR PT Jembayan Muara Bara, Adi Prasetyanto menyebutkan peran CSR dalam membantu pengembangan  Kampung KB Desa Bhuana Jaya , diantaranya memberikan bantuan pembangkit listrik tenaga surya, pengembangan ekonomi melalui ternak sapi, perbaikan parit, bantuan bibit dan lainnya.

“Memang program di Kampung KB ini cukup bermanfaat bagi masyarakat, diharapkan  program ini bisa berkelanjutan dan manfaatnya bisa dikelola dan dirasakan masyarakat sekitar perusahaan,”kata Adi.(*)

share on: