share on:
Salah seorang peserta lomba Raudatul Jannah tampil pada lomba kependudukan yang digelar Perwakilan BKKBN Kaltim. (BKKBN Kaltim)

IPKB Kaltim- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur kembali menggelar lomba pidato kependudukan 2018 tingkat Provinsi bagi remaja.

“Tujuan lomba pidato ini adalah sebagai wadah menyalurkan kreatifitas dan memberikan pemahaman, pengetahuan dan kesadaran remaja tentang pentingnya kualitas penduduk,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim,”Eli Kusnaeli, saat membuka lomba di Samarinda, Minggu.

Ia mengatakan, sebelumnya lomba pidato telah dilaksanakan ditingkat kabupaten/kota di sekolah-sekolah, perguran tinggi dan seleksi melalui Pusat Informasi Konseling (PIK). Setelah lolos tingkat kabupaten/kota di lanjut tingkat Provinsi Kaltim.

Manurutnya bagi para juara di tingkat Provinsi Kaltim akan di ikut sertakan lomba pidato kependudukan di tingkat nasional di Jakarta.”Kita memilih peserta terbaik di antara yang baik,” katanya.

Diakuinya bahwa kondisi prilaku kehidupan remaja di Kaltim cukup baik, hal itu ditunjukkan dari berbagai prestasi, namun demikian tantangan juga cukup berat, sebab Provinsi Kaltim termasuk urutan ke tiga nasional peredaran narkoba.

“Oleh karena itu BKKBN melalui programnya Genereasi Berencana (Genre) salah satunya menggelar lomba pidato agar mereka melakukan kegiatan positif bisa terhindar dari seks bebas (seks pra nikah), Narkoba dan tertular HIV/AIDS dan mencegah pernikahan dini,”ujar Eli.

Sementara itu ketua panitia yang juga Kabid Dalduk BKKBN Kaltim, Husnul Hatimah mengatakan lomba pidato kependudukan 2018 di ikuti sebanyak 15 peserta, yang lolos seleksi tingkat kabupaten/kota.

Ia mengatakan pada lomba pidato kependudukan tingkat provinsi mencari tiga orang pemenang, yakni juara I, II dan III, para juara inilah nantinya akan mewakili Kaltim untuk lomba pidato tingkat nasional di Jakarta.

Husnul Hatimah menambahkan bagi juara I akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1.500.000, juara II Rp1.250.000 dan juara III Rp1.000.000. Selain itu di tambah piagam dan piala.

Sementara keluara sebagai juara I berasal dari Kota Samarinda atas nama Sekar Ayu, jura II diraih Dallila Nur Azmi Amalia dan juara III di raih Raudatul Jannah dari Penajam Paser Utara.(*)

share on: