share on:
BKKBN Kaltim dan PW Aisyiah menggelar sosialisasi pengembangan program KKBPK di Aula Kecamatan Samarinda Ulu

IPKB Kaltim – Organisasi keagamaan perempuan Muhammadiyah  atau Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiah  Kaltim terus mendukung Perwakilan BKKBN Kaltim dalam mengembangkan program  Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)

“Kerjasama Aisyiah dengan BKKBN Kaltim  sudah  cukup lama saling mendukung dan bersinergi,”kata Ketua Pimpinan Wilayah  Aisyiah Kaltim, Noor Hurriyati  di Samarinda, Sabtu saat ditemui usai pembukaan Sosialisasi dan Pengembangan Program Lini Lapangan  di Kampung KB.

Adapun  kerjasama yang dilakukan  bersama  BKKBN Kaltim dibidang sosialisasi dan kesehatan, karena hal tersebut sejalan dengan tujuan organisasi  yaitu ingin mensejahterakan masyarakat. sehingga  program bisa berjalan dan saling mendukung.

“Aisyiah merupakan organisasi mengedepankan  bidang agama, pendidikan,  sosial,ekonomi,  dan kesehatan. Oleh karena  itu Aisyiah memiliki rumah sakit bersalin dan klinik-kilnik sehingga banyak hal yang bisa dilaksanakan terkait kesehatan reproduksi perempuan,” katanya.

Noor Hurriyati  berharap kerjasama  dengan BKKBN Kaltim akan  terus berlanjut dalam melaksanakan program KKBPK dalam bentuk sosialisasi seperti seminar, pemeriksaan kesehatan reproduksi, dan  pemeriksaan  kesehatan ibu dan anak.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli  mengharapkan kerjasama dengan Aisyiah Kaltim bisa terjalin hingga keseluruh Kabupaten/kota  bahkan  mencapai kecamatan, desa terutama yang ada di Kampung KB.

“Melalui kerjasama organisasi keagamaan seperti Aisyiah maka delapan fungsi keluarga  salah satunya fungsi agama dapat berjalan,” katanya.

Lanjut Eli Kusnaeli dengan adanya sosialisasi yang diikuti seluruh  para kader KB dan pengurus Aisyiah di Kota Samarinda,  yang nantinya  juga dilakukan di seluruh Kabupaten/kota, maka   program KKBPK  di Kampung KB yang telah terbentuk  sebanyak 146 akan berjalan sesuai harapan.

“BKKBN Kaltim juga akan meluncurkan “rumah data” di Kampung KB  pada  pertengahan September 2018 yang dimulai di Kota Balikpapan, tambah Eli Kusnaeli.(*)

share on: